Rabu, 30 April 2014

Broccoli with capelin fish



Sebenernya masak ikan Shisamo buat baby Bilqis ini udah lama banget tapi baru sempet posting sekarang karena baru nemu fotonya kemarin sore pas bersih-bersih isi tab. Dapet ikan ini juga bukan hasil beli tapi dikirim dari tante yang emang rajin hunting makanan aneh dan sehat buat anaknya, makasih ya tantekuuu...
Ternyata eh ternyata setelah saya baca-baca di mbah Google, ikan Shisamo atau dalam bahasa Inggris disebut ikan Capelin ini adalah ikan yang mengandung gizi luar biasa loohh dan banyak banget manfaat positif untuk tubuh kita. 

Ikan ini sekilas bentuknya seperti ikan teri tapi ukurannya lebih panjang sekitar 15 cm. Tubuhnya langsing dan warnanya perak mengkilap dengan warna kehitaman di bagian atasnya. Ikan capelin ini ada yang jantan dan betina, yang jantan tubuhnya lebih kurus dari yang betina karena ikan capelin betina berisi telur di bagian perutnya. Nah, sepertinya ikan yang saya masak kali ini adalah ikan capelin betina karena pas dibelek isinya ikan ini telur semua, hampir enggak ada daging ikannya.
Untuk gandungan gizinya ikan ini mengandung Vitamin A, Vitamin C, B12, Folate, Protein, Riboflavin, Kalsium dan Zat besi. Selain itu kandungan omega 3 dari 100 gram ikan Capelin ini lebih besar dari kandungan 100 gram ikan salmon. Heeemmm enggak salah ya kalo ikan ini adalah superfood yang bagus banget untuk dikonsumsi oleh buah hati kita atau bahkan buat kita juga, karena selain kandungan gizi yang sudah saya sebutkan diatas khasiat lain dari ikan ini adalah dapat mencerdaskan otak, menetralisir kolesterol/Tryglycerides, Mencegah stroke/jantung koroner dan bisa juga untuk menghaluskan kulit.
Untuk makanan Baby Bilqis kali ini, ikan capelin-nya saya fillet karena saya hanya menggunakan daging dan telurnya saja. Caranya saya potong dua terus saya pisahin daging dan telur ikan dari durinya yang ada di tengah bagian badannya, terus saya cincang hampir halus.
Berikut ini resepnya ya...


Bahan-bahan :
1 siung bawah putih, geprek lalu cacah halus
3 buah ikan capelin, ambil telur dan dagingnya saja, buang kepala dan durinya
3 kuntum brokoli, bersihkan lalu cacah halus
Unsalted butter/olive oil/vegetable oil
Garam dan gula untuk rasa
Air kaldu ayam secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan butter lalu tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan ikan capelin dan tumis hingga setengah matang.
3. Masukkan cacahan brokoli, tumis sebentar lalu masukkan kaldu ayam, garam dan gula.
4. Masak terus hingga kaldu mendidih dan ikan serta brokoli matang.
5. Sajikan hangat untuk buah hati anda. 

Gampang banget kan bikinnya? Tapi gizi dan khasiatnya luar biasa untuk anak-anak kita. Untuk kali ini segitu dulu yaaa... mudah-mudahan bisa menginspirasi ibu-ibu di rumah untuk sebisa mungkin memberikan makanan rumahan untuk anak-anaknya, karena makanan dari rumah tentu lebih sehat dan bergizi.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa dicoba yaa:)




1 komentar:

  1. video slot pragmatic pragmatic play【VIP】
    › video-slot-pragmatic-play › video-slot-pragmatic-play Nov 18, download youtube to mp3 2019 — Nov 18, 2019 In this video slot pragmatic play and casino game pragmatic play. A detailed review of the game pragmatic play with the latest bonus features:

    BalasHapus