Selasa, 10 Desember 2013

Alat baking-ku



Semenjak hobi masak dan jadi sering buka-buka blog, tabloid atau majalah-majalah yang isinya resep, saya pun jadi tertarik (lagi) untuk baking. Kenapa saya sisipkan kata 'lagi'? Karena memang baking ini bukan sesuatu hal yang baru buat saya. Awalnya kenal baking karena jaman dulu waktu saya masih kecil ibu saya suka bikin kue kering hantaran untuk sodara-sodara dan relasi bisnis ayah saya yang bejibun, setelah agak dewasa (sekitar sma sampe lulus kuliah) saya dan adik saya mulai lumayan sering bikin kue untuk iseng ngisi waktu atau bikin masakan-masakan western yang memang membutuhkan proses memanggang di oven kayak lasagna atau caserolle. Kalau kue sih seringnya bikin brownies karena enggak mesti ngembang hehe (dulu enggak ngerti cara ngocok adonan, jambul petruk, aduk balik dan segala macamnya). Beberapa kali juga bikin cake dan bantat karena ya itu tadi engga ngerti tekhniknya.


Setelah bekerja dan menikah sampai sekarang punya anak satu, terlupakanlah si hobi baking itu. Apalagi waktu kerja, hamil dan melahirkan... masak pun hampir enggak pernah karena memang capek banget, untung suami pengertian dan enggak masalah kalau harus terus-terusan beli makan di luar atau selama ada telor, diceplok atau didadar plus kecap makan pun jalan terruuussss. Hingga akhir-akhir ini setelah saya jadi full time ibu rumah tangga, kok rasanya jadi sering bosen ya? Apalagi kalau kerjaan rumah udah selesai, masak udah, terus baby Bilqis tidur siang, rasanya kok jadi sepiii banget, enggak ada kegiatan gitu... nah dari situ mulai deh kepikiran untuk mempergunakan waktu yang kosong itu untuk belajar baking.
Bukan tanpa kendala ternyata hehehe karena peralatan bakingnya aja enggak punya! Tapi saya enggak menyerah, berkali-kali bujuk suami untuk beliin alat-alat baking tapi dia masih mesem-mesem karena belum ada cadangan keuangan untuk bela beli alat baking. Akhirnya saya telp ibu saya dan tanya tentang oven tangkring yang dia punya, ternyata emang udah enggak pernah dipake! Alhamdulillah... dapet oven warisan plus beberapa buah loyang!
Berikutnya mixer, untuk yang satu ini saya sempet ngumpulin uang dari sisa uang belanja karena pengen beli yang bagus sekalian kaya phillips gitu yang harganya sekitar Rp. 450.000-an, eh belum juga kekumpul uangnya mixernya udah dapet duluan! Bahagianyaaaa.... karena mixer ini juga warisan dari kakak saya. Pas banget seperti yang diinginkan, merk-nya phillips dengan dudukannya, kondisinya pun maaih bagus karena cuma baru satu kali dipake. Rezeki emang enggak kemana...
Akhirnya uang tabungan untuk beli mixer pun saya alihkan untuk keperluan bakin yang lain seperti : 
1. Termometer oven : menurut beberapa milis yang saya baca, untuk baking dengan otang termometer ini sangat penting agar kita tahu suhu sebenarnya yang ada di dalam oven. Untuk menjaga agak kue bisa terseksekusi dengan baik. Walaupun udah ada termometer bawaan dari otangnya tapi katanya termometernya kurang akurat. Saya beli di ace hardware harganya Rp. 79.500 didiskon 10% jadi Rp. 71.550.
2. Timbangan : ini juga enggak kalah penting, untuk menakar resep ya memang sangat membutuhkan timbangan ini. Beberapa resep memang ada yang menggunakan ukuran yang lebih simple seperti pakai cup atau sendok, tapi masih banyak banget resep kue indonesia apalagi dari tabloid atau majalah yang ukurannya pakai gram, jadi yaaaa harus wajib kudu punya timbangan. Mestinya timbangan digital yang lebih akurat, tapi karena kondisi budget tidak mendukung jadi ya sudahlah beli yang analog saja. Beli di ace hardware juga harganya Rp. 79.500 diskon 20% jadi Rp. 63.600.
3. Measuring cup dan measuring spoon : beli di ace hardware juga. Measuring cup-nya harga Rp. 27.500 diskon 10% jadi Rp. 24.750 sedangkan measuring spoon-nya harga Rp. 21.500 diskon 10 % jadi Rp. 19.350.
4. Egg separator : sebenernya enggak niat untuk beli alat ini tapi karena pas lagi milih-milih measuring cup alat ini bertengger di sebelahnya, jadilah saya ambil. Harganya Rp. 14.500 diskon 10 % juga jadi Rp. 13.050.
5. Spatula dan brush : di fb ncc ada member yang posting spatula plus brush lucu dan murah di hypermart, karena udah kesengsem sama warnanya akhirnya langsung beli eehh taunya di dalam kiriman mixer udah ada 2 spatula besar dan brush-nya juga hehe jadi punya banyak deh. Spatulag plus brush silicon-nya beli di hypermart harganya Rp 12.900.
6. 2 buah spuit dan beberapa cetakan untuk kue kering : yang ini warisan juga! alhamdulillah...
Lengkap sudah alat baking saya, sekarang tinggal bikin kuenya! Mudah-mudahan bisa dan lebih bersyukur lagi kalau bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hehe.. doakan yaaaa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar