Rabu, 26 Februari 2014

Talaga Bodas ; Kawah elok di pelosok Garut


Kawah Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di Garut selain banyak lagi kawasan wisata lainnya (Insya Allah di postingan berikutnya akan saya bahas). Talaga Bodas yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘kawah putih’ ini berada di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut, letaknya sekitar 20 menit dari kota Garut dan sekitar 30 menit dari jalan raya Wanaraja naik ke atas gunung menuju kawah. 

jalan masuk menuju kawah
Kalau dari rumah nenek saya yang notabene bersebelahan desa dengan wanaraja jarak ke Talaga Bodas ini cukup dekat, karena itulah kalau dihitung-hitung dari jaman saya kecil sampai sekarang udah punya anak, mungkin sudah lebih dari belasan kali saya main kesini. Ini adalah salah satu tempat favorit almarhum kakek nenek saya kalau jalan-jalan, maka dari itulah walaupun sering tapi enggak pernah bosen main kesini, karena selain memang pemandangan dan suasanya yang indah dan menenangkan, tempat ini juga menyimpan banyak kenangan tentang dua orang yang paling baik dan penyayang dalam hidup saya yaitu kakek dan nenek saya.


Anyway, untuk akses jalan ke Talaga Bodas sendiri kondisinya cukup baik dan bisa dilalui oleh hampir seluruh jenis kendaraan roda empat dan roda dua. Ada sedikit jalan yang cukup berbatu di awal-awal tapi sisanya jalan beraspal mulus sampe ke kawahnya.

Di awal-awal perjalanan kita akan disuguhi dengan rumah penduduk memadati kanan-kiri jalan tapi begitu terus naik ke atas  pemandangan pun seraya berganti menjadi perbukitan dan lembah hijau indah yang dipenuhi tanaman perkebunan seperti jagung, kol, tomat, cabe dan lainnya. Kalau beruntung kita juga bisa beli langsung dari petani yang baru panen dengan harga petani alias murah banget dan sayuran yang masih segar karena baru beberapa saat dipetik. Asyik kaann??

pemandangan di jalan menuju kawah
Kawahnya sendiri berada di ketinggian 1512 m dan berbentuk danau berwarna putih dengan kepulan asap yang membumbung serta bau belerang yang menyengat. Pemandangan kawah yang berwarna putih kehijauan ini membawa suasana tenang (tentunya setelah beberapa saat terbiasa dengan bau belerangnya:p) dan nyaman. Jangan lupa untuk membawa jaket atau pashmina tebal karena udara disini cukup dingin.

kawah talaga bodas
Sebenarnya seharusnya mobil diparkir di kurang lebih 200 meter sebelum lokasi kawah, hanya kali ini karena ayah saya kenal sama penjaga pintunya (lucky us) jadi kita boleh bawa mobil masuk sampe wilayah kawah hehehe agak nepotisme niihhh ;p

kawah talaga bodas
Di wilayah kawah ini enggak ada yang jualan jadi siap-siap bawa bekal ya! Kalau saya dan keluarga kemarin memang sengaja enggak makan siang dari rumah dan bawa bekal nasi beserta lauk lainnya lengkap dari mulai ayam kampung goreng, sambel, lalapan, tahu tempe dan ikan asin. Yummy deh pokoknya! Makanan sunda sederhana tapi enak plus pemandangan yang luar biasa menawan. Makan siang kali itu jadi terasa berbeda deh.

makan siang bersama keluarga
Selain menikmati pemandangan talaga bodas, wisatawan juga bisa berendam di kolam air panas yang berada di sebelah kanan kawah. Atau kalau mau hiking, tracking, camping atau foto pre-wedding juga bisa, hanya kalau bisa sih bersama guide yang sudah tahu medan ya... karena di beberapa tempat ada pasir isap yang panas, nanti niat mau senang-senang eh malah kena musibah.





kalau yang ini ada yang ikutan bergaya ;p

Jadiii kalau lain kali ke garut atau lagi merencanakan liburan ke Garut, Kawah Talaga Bodas ini bisa dimasukkan menjadi destinasi wisata di garut ya! 


Segitu dulu yaaa next time masih banyak lagi tempat wisata seru di garut! Stay tuned :)
 

 

 


2 komentar:

  1. waaaaah...cakeeep ya talaganya...saya udah lamaaa banget ngg pernah ke garut mak..jadi kangeen...moga2 bisa segera main ke sana lagi...TFS...

    BalasHapus
  2. udah banyak tempat bagus mak di Garut! masih ada Situ Bagendit, Darajat Pass, Kebun mawar... seru deh Mak main-main di Garut :)

    BalasHapus